Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Budi dan induk ayam 1

Budi dan induk ayam 1

Written By Amin Herwansyah on 14 Jun 2011 | 23.11

Suatu sore  yang cerah di teras sebuah rumah yang sederhana, duduk termenung seorang anak  SMA, Budi namanya. Sambil beristirahat sehabis menyapu halaman rumahnya dia tertegun sambil melihat kelakuan induk ayam dan 2 anaknya yang sangat lucu, sambil sekali-kali naik ke atas induknya. Induk ayam tersebut adalah pemberian pamannya ketika ia pergi ke kampung. Terlihat Budi serius sekali berfikir, sampai ibunya, Bu Minah yang datang mendekatinya , dia tidak mengetahuinya.

Bu Minah bertanya kepada putra kesayangannya: ” Kok kamu termenung begitu Bud, ada apa?” .” Oh…gggak Bu” jawab Budi sambil berdiri mendekati ibunya. “Nasinya udah masak Bu? Saya sudah lapar sekali”. kata Budi pula. “Ya sudah nak, goreng ikan teri dan sambalnya juga sudah ibu siapkan “. Jawab ibunya. “Terima kasih Bu”. “Iya, tapi jangan lupa habis makan belajar yah ! ” pinta ibunya pula.
Sehabis membereskan bekas makanannya Budi lantas pergi ke kamarnya yang kecil tapi rapi. Kemudian dia berfikir tentang apa yang terjadi tadi di teras halamannya tentang induk ayam dan kedua anaknya. Budi berfikir begini :
Kalau satu induk ayam mempunyai 2 anak, kemudian 2 anak ayam itu akan menjadi induk dan  beranak lagi 2 maka anaknya  jadi 4, yang 4 ekor tadi menjadi induk dan anaknya akan ada 8 ekor dan seterusnya. Dan ketika anak-anak ayam itu sudah besar maka induknya akan di jual untuk menambah uang tabungannya.
  • generasi 1 : & = @,@   ——> 1 ekor induk dan 2 ekor anak
  • generasi 2 :  &,& = @,@,@,@  ———–> 2 ekor induk dan 4 ekor anak
  • generasi 3 : &,&,&,& = @,@,@,@,@,@,@,@  ———> 4 ekor induk dan 8 ekor anak
  • dan seterusnya ……..
Kemudian Budi berfikir  pada generasi ke-10 berapa ekor jumlah total induk ayam dan anaknya yang pernah ia punya ???  Bersambung...
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger