Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Soal Psikotes

Soal Psikotes

Written By Amin Herwansyah on 18 Mei 2014 | 21.15

Psikotes adalah tes psikologi untuk mengukur aspek individu secara psikis (kharismakonsulting). Di dalam dunia pencari kerja , tes ini sangat menakutkan, karena banyak yang gagal pada tahapan ini. Lantas bagaimana agar kita bisa berhasil melewati tes ini ? Jawabannya ya berlatih dan berlatih. Soal psikotes sudah banyak di konten internet , tinggal di unduh saja. Begitu juga jasa konsultan psikotes sudah banyak sekarang ini.


Ada beberapa jenis soal yang biasanya muncul di soal psikotes :

  • Tes Logika Aritmatika : pada tes ini akan terdiri dari beberapa deret angka. Dan yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan dalam menganalis serta memahami beberapa pola. Kemudian akan memprediksikan hal lainnya berdasarkan pola tersebut. Ketika Anda mengerjakan soal jenis ini, janganlah terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja, tapi Anda harus melihatnya secara keseluruhan. Karena bisa saja pola berupa urutan angka, pengelompokan berurutan ataupun pengelompokan loncat dari angka-angka itu.
  • Tes Logika Penalaran. Soal tes ini terdiri dari beberapa deret gambar baik dua dimensi atau tiga dimensi. Tes ini mengukur kemampuan dalam memahami setiap pola atau kecenderungan dalam bentuk gambar. Kita harus melakukan prediksi berdasarkan pola pada gambar tersebut. Ketika Anda mengerjakan soal ini, Anda harus berkonsentrasi tinggi, hati-hati serta teliti melihat ganbar, sebab bentuk gambar yang ditawarkan nantinya akan lebih serupa walaupun bentuknya tidaklah sama.
  • Tes Analog Verbal.  Tes ini terdiri dari sinonim dan antonim atau analog suatu kata atau kalimat. Soal ini mengukur krmampuan logika terhadap sebuah kondisi juga memahami sebab akibat suatu masalah. 
  • Tes Kraepelin. Tes yang terdiri atas gugusan beberapa angka yang memang telah tersusun secara membujur dalam bentuk lajur. Pada bagian ini, testi diminta untuk menjumlah ke-dua angka yang memang berdekatan, dalam waktu yang telah ditentukan pada bagian setiap kolom, serta diminta untuk menuliskan di sampingnya. Pada bagian soal ini yang dinilai adalah: konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan dalam daya penyesuaian diri, ketelitian dan kecepatan dalam mengerjakan sesuatu hal.
Semoga bermanfaat dan Anda berhasil dalam menyelesaikan soal psikotes. Terus berlatih dan bersabar. (dikutip dari: Harian Pikiran Rakyat dan  pelbagai sumber)




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger