Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Ada plagiarisme internet di sekolah?

Ada plagiarisme internet di sekolah?

Written By Amin Herwansyah on 15 Jun 2011 | 14.53

Ini dia obrolan anak dan ibu.
Ibu : “Apakah ada PR dek ?
Anak : “Ada Bu, tenang aja Bu tinggal cari saja di gugel, kemudian donlod terus kopi paste, beres deh”
Betapa saktinya Google buat si anak, PR pelajaran pun tinggal mengunduh di Google. Layanan cepat saji Google memang sangat gurih buat si anak. Apa betul ?
Maraknya plagiarisme internet di sekolah  kini sangat menghawatirkan. Konon pemerintah Inggris sangat khawatir dengan praktek plagiarisme internet di sekolahnya yang dilakukan anak sekolah dalam hal mengerjakan tugas, hal ini akan membunuh kreatifitas anak secara tidak langsung.
 “Melihat hal ini, para kepala sekolah merasa perlu menanamkan pemahaman kepada para siswa tentang bagaimana menangkap intisari dari sebuah sumber bacaan di internet, ketimbang hanya mengcopy-paste dan mengakuinya sebagai karya mereka,” ujar Barry Calvert, dari perusahaan nLeraning yang menyediakan software pendeteksi praktik plagiarisme.
Calvert menambahkan, pemahaman tentang plagiarisme perlu ditanamkan sedini mungkin. Jika bisa, ketika anak-anak mulai menginjak usia tujuh tahun.
“Kita perlu memberikan pemahaman terhadap siswa bahwa internet bukan sekadar gudang informasi yang bisa seenaknya dijiplak. Karena sesungguhnya, berbagai sumber informasi yang ada di dalamnya merupakan hasil karya orang lain yang patut  dihargai,” tutupnya.
Apakah kita sudah siap menghadapi plagiarisme internet di sekolah? Apa kiat kita untuk menghadapinya ?
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger