Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Apa itu Matematika Terapan ?

Apa itu Matematika Terapan ?

Written By Amin Herwansyah on 15 Jun 2011 | 15.26

Dalam sejarah perkembangan Matematika,bahwa terbentuknya teori matematika adalah karena tuntunan untuk menyelesaikan masalah nyata. Misalnya kebutuhan menghitung telah melahirkan  Aritmatika, kebutuhan mengukur telah melahirkan Geometri, dan sebagainya. John von Neumann (1956) mengatakan bahwa konsep matematika berawal dari pengamatan empiris namun begitu konsep itu terbentuk terjadilah kehidupan tersendiri yang terpisah dari sumber empirisnya. Maka nantinya ada yang disebut Matematika Murni dan Matematika Terapan.

Prager (1972) mengatakan  bahwa matematika terapan merupakan jembatan yang menghubungkan antara matematika murni dan dunia science dan teknologi. Matematika terapan juga merupakan suatu proses tentang penerapam matematika pada disiplin ilmu lain.Berkaitan dengan hal di atas, matematikawan terapan adalah matematikawan yang aktif berkomunikasi dengan orang-orang yang berada pada disiplin ilmu yang lain, dengan tujuan menggunakan matematika untuk disiplin ilmu tersebut, sementara dia sendiri mempunyai pengetahuan yang memadai tentang disiplin ilmu itu.
Carl Friedrich Gauss, dari Sartorius von Waltershausen, “Gauss zum Gedachtniss” [1856] German mathematician, physicist, & prodigy (1777 – 1855), mengatakan : Mathematics is the queen of the sciences.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger