Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Hukuman kepada siswa,efektifkah ?

Hukuman kepada siswa,efektifkah ?

Written By Amin Herwansyah on 15 Jun 2011 | 14.33

Baru-baru ini di berita , terjadi lagi kekerasan di sekolah.Lantaran telat, siswa kelas I Sekolah Menengah Kejuruan NU Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, itu, disiksa (baca ; dihukum). Rian dijemur di bawah terik matahari, ditendang, dan dipukul oleh Ahmad Hanik, kepala sekolah. Benar atau tidaknya berita itu wallahu’alam bissawab. Yang jelas kekerasan slalu saja hadir di area pendidikan, wajarkah ?
Sekretaris KPAI (Komite Perlindungan Anak Indonesia), Hadi Supeno menyebutkan, kecenderungan tindak kekerasan terhadap anak didik oleh gurunya di kelas semakin meningkat. Dari data yang dikompilasi oleh KPAI selama tahun 2007 dalam pemberitaan pers, terjadi 555 tindak kekerasan terhadap anak. “Dari jumlah itu, sebanyak 11,8 persennnya dilakukan oleh guru-guru di sekolahnya, sedangkan 18 persen dilakukan oleh anggota keluarga terdekat.”
Secara teoritik , hukuman merupakan tehnik yang bisa mengontrol tingkah laku. Skinner (1953) membicarakan pengaruh dan hasil sampingan hukuman, dalam bukunya : Science and Human Behaviour. Skinner memandang hukuman sebagai penyajian sengaja dari penguat (reinforcer) negatif. Skinner telah menemukan 3 efek hukuman terhadap orang yang dihukumnya.
  1. Hukuman menekan tingkah laku yang diinginkan,
  2. Membangunkan laku yang berlawanan sifatnya dan dibarengi perubahan fisiologis : amarah, tegang dsb.
  3. Memberi syarat bagi siterhukum berbuat lain dari perbuatan yang membuat dia dihukum.
Benar atau tidak teori itu, yang jelas kita sebagai orang tua dan pendidik harus berbicara dengan hati nurani dan pikiran yang jernih ketika anak didik kita melakukan kesalahan, agar tidak ada yang dirugikan. bagaimana menurut anda ? mari kita diskusikan !
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger