Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Lesson Study : Membangun Komunitas Belajar

Lesson Study : Membangun Komunitas Belajar

Written By Amin Herwansyah on 10 Nov 2012 | 22.30

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Lesson Study adalah merupakan salah satu model pembinaan pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Kajian dalam pembelajarannya juga dilihat secara menyeluruh baik itu : Kurikulum, rencana pembelajaran, bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas,  asesmen, karakteristik siswa dan fasilitas yang ada di sekolah.

Pada tahap perencanaan (siklus Plan) dilakukan secara kolaboratif  berdasarkan azas kesetaraan dan keterbukaan diantara para pendidik. Yang didiskusikan antara lain mengenai permasalahan pembelajaran di kelas pada saat open class nantinya. Materi diskusi  diantaranya adalah : menetapkan goal (tujuan), memilih topik kajian, sharing problems, mencari alternatif solusi, merancang lesson plan yang berguna untuk memprediksi berbagai kemungkinan dan respon dari siswa.

Sedangkan tahap melaksakan kegiatan belajar (siklus Do) dilakukan oleh seorang  guru model,  dan  pengamat (observer) tugasnya hanya mengamati  aktifitas siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Disinilah letak kebersamaan dan kepedulian antara stake holder pendidikan untuk bekerjasama agar pembelajaran para siswa di kelas berkwalitas sesuai tujuan yang diharapkan. 

Dan tahap ketiga tahap refleksi (siklus See) dilakukan secara bersama antara guru model juga para pengamat yang dibantu oleh moderator untuk membahas semua temuan yang terjadi di kelas belajar. Karena yang di catat pengamat adalah aktifitas siswa maka yang didiskusikannnya pun adalah seluruh isu-isu tentang kegiatan yang dilakukan siswa saat berlangsungnya pembelajaran untuk mendapatkan tindak lanjut pembelajaran selanjutnya. Pada tahap inilah akan tergambar proses  demokratisasi diantara guru model dengan seluruh pengamat bahwa setiap individu harus menghormati setiap keberagaman, tidak adanya diskriminasi dan dominasi.

Sumber : Catatan Saat Mengikuti Pelatihan Fasilitator Lesson Study MIPA Kota Sukabumi.


Foto kegiatan Pelatihan Fasilitator MIPA Kota Sukabumi tanggal 5-7 Oktober 2012 di Hotel Augusta Sukabumi

Untuk melengkapi bacaan di atas, sila dibaca juga panduan lengkap Lesson Study di bawah ini
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger