Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » Tutorial Mengikuti Tes UKG (1)

Tutorial Mengikuti Tes UKG (1)

Written By Amin Herwansyah on 22 Jul 2012 | 07.24

Sebelum mengikuti tes online Ujian Kompetensi Guru (UKG), ada baiknya pastikan terlebih dulu Bapak dan Ibu guru sudah mempunyai : Nomor Peserta (NP) dan NUPTK. Untuk NP bisa Anda lihat di Daftar calon Peserta UKG. Jumlah digit dari Nomor Peserta adalah 14 digit. sedangkan banyaknya digit untuk NUPTK adalah 16 digit.



Cara memastikan bahwa Anda mempunya Nomor Peserta adalah dengan masuk ke situs tersebut kemudian klik menu "Pencarian". Kemudian sesuaikan : Provinsi, Kabupaten/Kota dan Tugas , yang sesuai dengan Anda saat ini. Atau ada cara yang paling cepat dengan mencari pada menu "Pencarian", Anda tinggal memasukan NUPTK Anda.



  • Selanjutnya adalah memasuki menu login ketika saat tes , bisa dilihat gambar dibawah ini. Data yang Anda masukan ketika login yaitu  Nomor Peserta dan NUPTK ,kedua-duanya harus sesuai (benar).

  • Jika data yang Anda isikan salah, maka akan ada pemberitahuan seperti ini : 

  • Jika NUPTK yang Anda masukan salah maka  akan ada pemberitahuan seperti ini : 
  • Setelah Anda berhasil login maka akan tampil menu " Pilih Mata Ujian" . Menu ini terdiri dariinformasi tentang : Mata ujian yang Anda ampu, durasi pengerjaan soal dan batas minimal setandar kelulusan.
  • Kemudian klik " Ikut Ujian" , posisinya ada pada kanan bawah gambar di atas. Maka akan ditampilkan menu "Komfirmasi Ujian". Menu ini berisikan informasi tentang : mata pelajaran, bidang keahlian, program keahlian, profesi dan jenjang pendidikan .
  • Langkah berikutnya adalah klik "Ikut Ujian", terdapat di kanan bawah gambar di atas. Dan sekarang kita memasuki lembar soal. Tiap satu halaman adalah satu soal, dengan pilihan: A, B, C, D.  Cara memilih soal ada dua cara:
    • Menggunakan Mouse : Arahkan mouse dan klik kiri mouse 1x pada pilihan
      jawaban yang menurut Anda paling Benar. Pilihan jawaban yang terpilih akan memberikan reaksi perubahan warna dari biru menjadi merah. Jika menurut Anda pilihan jawaban Anda sebelumnya kurang tepat, maka Anda dapat memilih jawaban lainya arahkan mouse dan klik kiri mouse 1x lagi pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling Benar. Perubahan pilihan jawaban berapa kalipun itu diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.
    • Menggunakan Keyboard : Tekan huruf A atau B atau C atau D untuk memilih
      jawaban yang menurut Anda paling benar. Pilihan jawaban yang terpilih akan memberikan reaksi perubahan warna dari biru menjadi merah. Jika menurut Anda pilihan jawaban Anda sebelumnya kurang tepat, maka Anda dapat memilih jawaban dengan menekan huruf A atau B atau C atau D yang menurut Anda paling benar. Perubahan pilihan jawaban berapa kalipun itu
      diperbolehkan dan sama sekali tidak mengurangi nilai.
  • Bersambung..... 
 Referensi : Materi TOT UKG Online, BPSDMP-PMP KEMENDIKBUD 2012
    Share this article :

    Posting Komentar

     
    Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
    Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger