Video Matematika »
Belajar matematika dengan menggunakan video dari youtube.Kunjungi segera! http://video-matematika.blogspot.com/
Home » » 8 Langkah Non Teknis Menuju Ujian Nasional

8 Langkah Non Teknis Menuju Ujian Nasional

Written By Amin Herwansyah on 10 Mar 2012 | 22.47

"Belajar saja tidak cukup untuk lulus sebuah ujian". Ada dua faktor utama yang menentukan keberhasilan lulus ujian. Dua faktor tersebut adalah faktor teknis dan non teknis. Ternyata faktor teknis ini mencakup 75 % dari syarat agar bisa lulus ujian, sisanya 25 % nonteknis. Apa itu faktor teknis ? Ya sudah tentu adalah belajar, yang mencakup proses: membaca, menghafal, memaham, berlatih soal dan seterusnya.
Faktor non teknis yang perlu Anda ketahui adalah :
  1. Persiapkan fisik Anda : Konsentrasi prima sangat dibutuhkan ketika Anda mengerjakan soal ujian. Agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan maka diperlukan fisik yang sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. berolah raga secara teratur juga hal yang sangat penting adalah tidur yang cukup agar badan segar dan tidak mengantuk saat ujian.
  2. Persiapkan mental Anda : Aturlah emosi agar tetap tenang, hindari perasaan tegang, cemas dan khawatir, karena akan berakibat pada konsentrasi Anda akan buyar. untuk mengatasinya cobalah Anda berdoa dan beribadah agar jiwa Anda lebih tenang.
  3. Persiapkan peralatan ujian Anda : Jangan sepelekan peralatan ujian. Peralatan ujian yang utama seperti: pensil, penghapus, rautan, penggaris, ballpoint. Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B yang asli, artinya belilah di toko buku yang menjamin keaslian pensil tersebut. Kalau bisa runcingkan di kedua ujung pensil. Gunakan penghapus yang diformulasikan untuk LJK. Penghapus yang baik adalah yang lembut dan tidak meninggalkan debu. Rautan dengan pisau yang tajam.
  4. Periksalah soal : Saat Anda di ruang ujian, periksa kelengkapan soal dan lembar jawaban Anda. Kertas jawaban(LJK) harus diterima dalam keadaan bersih dan tidak boleh terlipat. Mintalah LJK yang baru jika dalam kondisi yang seperti itu.
  5. Bacalah perintah soal : Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru. Sebab seringkali mengabaikan perintah menjawab soal membuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban.
  6. Kerjakan soal dari yang termudah : Jangan terjebak dengan mengerjakan soal secara terurut dari nomor 1 sampai akhir. Pilih soal yang mudah terlebih dahulu.
  7. Sisihkan 5% dari total waktu : tujuannya adalah untuk memeriksa kembali  mulai dari identitas sampai jawaban. jangan terpengaruh oleh teman yang terlebih dahulu ke luar ruangan ujian. Pastikan lembar jawaban anda bersih dan tak terlipat.
  8. Tutup dengan do'a . Ucapkan rasa syukur anda kepada Allah dan berharaplah agar anda lulus.
Selamat mengikuti Ujian Sekolah dan Nasional siswa-siswi Smansa Kota Sukabumi
 YOU'RE THE WINNER !
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : VidMath | SMANSA BEDA | PGRI Citamiang
Copyright © 2011. Media Matematik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger