Untuk dapat meraih
perubahan yang diinginkan melalui PTK, apakah ada syaratsyarat lain?
Betul, silakan baca McNiff, Lomax dan Whitehead (2003). Pertama, Anda dan kolaborator serta murid-murid harus
punya tekad dan komitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan
komitmen itu terwujud dalam keterlibatan mereka dalam seluruh kegiatan
PTK secara proporsional.
Andil
itu mungkin terwujud jika ada maksud yang jelas dalam melakukan
intervensi tersebut. Kedua, Anda dan kolaborator menjadi pusat dari
penelitian sehingga dituntut untuk bertanggung jawab atas peningkatan
yang akan dicapai.
Ketiga,
tindakan yang Anda lakukan hendaknya didasarkan pada pengetahun, baik
pengetahuan konseptual dari tinjauan pustaka teoretis, maupun
pengetahuan teknis prosedural, yang diperoleh lewat refleksi kritis dan
dipadukan dengan pengalaman orang lain dari tinjauan pustaka hasil
penelitian tindakan), berdasarkan nilainilai yang diyakini
kebenarannya.
Refleksi kritis dapat dilakukan dengan baik jika didukung oleh keterbukaan dan kejujuran terhadap diri sendiri, khususnya kejujuran mengakui kelemahan/kekurangan diri. Keempat, tindakan tersebut dilakukan atas dasar komitmen kuat dan keyakinan bahwa situasi dapat diubah ke arah perbaikan.
Refleksi kritis dapat dilakukan dengan baik jika didukung oleh keterbukaan dan kejujuran terhadap diri sendiri, khususnya kejujuran mengakui kelemahan/kekurangan diri. Keempat, tindakan tersebut dilakukan atas dasar komitmen kuat dan keyakinan bahwa situasi dapat diubah ke arah perbaikan.
Kelima,
penelitian tindakan melibatkan pengajuan pertanyaan agar dapat
melakukan perubahan melalui tindakan yang disadari dalam konteks yang
ada dengan seluruh kerumitannya. Keenam, Anda mesti mamantau secara
sistematik agar Anda mengetahui dengan mudah arah dan jenis perbaikan,
yang semuanya berkenaan dengan pemahaman yang lebih baik terkadap
praktik dan pemahaman tentang bagaimana perbaikan ini telah terjadi.
Kutujuh,
Anda perlu membuat deskripsi otentik objektif (bukan penjelasan)
tentang tindakan yang dilaksanakan dalam riwayat faktual, perekaman
video and audio, riwayat subjektif yang diambil dari buku harian dan
refleksi dan observasi pribadi, dan riwayat fiksional. Kedelapan, Anda
perlu memberi penjelasan tentang tindakan berdasarkan deskripsi autentik
tersebut di atas, yang mencakup :
- Identifikasi makna-makna yang mungkin diperoleh (dibantu) wawasan teoretik yang relevan, pengaitan dengan penelitian lain (misalnya lewat tinjauan pustaka di mana kesetujuan dan ketidaksetujuan dengan pakar lain perlu dijelaskan), dan konstruksi model (dalam konteks praktik terkait) bersama penjelasannya;
- Mempermasalahkan deskripsi terkait, yaitu secara kritis mempertanyakan motif tindakan dan evaluasi terhadap hasilnya; dan
- Teorisasi, yang dilahirkan dengan memberikan penjelasan tentang apa yang dilakukan dengan cara tertentu.
Kesembilan,Anda perlu menyajikan laporan hasil PTK dalam berbagai bentuk termasuk:
- tulisan tentang hasil refleksi-diri, dalam bentuk catatan harian dan dialog, yaitu percakapan dengan dirinya sendiri;
- percakapan tertulis, yang dialogis, dengan gambaran jelas tentang proses percakapan tersebut;
- narasi dan cerita; dan
- bentuk visual seperti diagram, gambar, dan grafik.
Perlu
dipastikan bahwa temuan validasi selaras satu sama lain karena semuanya
berdasarkan pemeriksaan terhadap penyataan dan data mentah. Jika ada
perbedaan, pasti ada sesuatu yang masih harus dicermati kembali.
Oleh : Prof. Dr. Suwarsih Madya
Posting Komentar